Fasilkom Universitas Mercu Buana Tingkatkan Mutu Pendidikan Melalui Pelatihan Berbasis TIK di Labschool Cirendeu

0
76
views

Tangerang Selatan – Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta melalui Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Kali ini, UMB bekerja sama dengan Yayasan Edukasi Karakter Bangsa mengadakan pelatihan tentang Dasar-Dasar Quality Assurance (QA) dan Quality Enhancement (QE) Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), serta materi terkait ISO 9001:2015 dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

Pelatihan yang berlangsung di SMP SMA Labschool Cirendeu, Tangerang Selatan ini merupakan bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh Tim Dosen Fasilkom UMB, yang terdiri dari Misni S.Kom. M.Kom, Sabar Rudiarto S.Kom. M.Kom dan Anis Cherid SE MTI.

“Dengan terus melaksanakan program-program Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Mercu Buana bertekad untuk menjadi bagian integral dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di tanah air, khususnya dalam aspek-aspek Teknologi Informasi dan Komunikasi,” kata Anis.

Ditambahkan Misni, pemateri lainnya, yang berharap agar melalui pelatihan-pelatihan semacam ini, kualitas pendidikan di Indonesia terus meningkat, sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

“Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata dari Universitas Mercu Buana dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kami berharap para peserta dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh untuk mengoptimalkan sistem penjaminan mutu di institusi mereka,” ujar Misni S.Kom, M.Kom.

Dalam pelatihan tersebut, selain pembicara tim dosen Fasilkom UMB; Misni S.Kom, M.Kom dan Sabar Rudiarto S.Kom, M.Kom, juga turut hadir pembicara lainnya; Hendarman S.Kom, M.Kom.

Menurut Sabar, selain fokus pada persiapan dan pelaksanaan audit internal, Tim Dosen Fasilkom UMB juga membahas pentingnya QA dan QE dalam proses yang didukung oleh TIK.

“Pada pelatihan ini, dengan menggunakan kerangka kerja PIECES yang diuraikan oleh Whitten,  dijelaskan bagaimana QA dan QE dapat memastikan performa optimal TIK, akurasi informasi, efektivitas biaya, pengendalian risiko, efisiensi operasional, dan peningkatan pengalaman serta kepuasan pengguna,” ujar Sabar.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Edukasi Karakter Bangsa Prof. Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, M.M., IPU., CMA., MSS., yang menyampaikan harapannya agar pelatihan ini dapat menjadi bekal dalam persiapan audit untuk pemenuhan Sertifikasi ISO 9001:2015.

Selain dosen, kegiatan ini juga melibatkan dua mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika UMB, yang turut membantu pelaksanaan acara. Antusiasme peserta dalam mengikuti seluruh rangkaian acara dan penilaian positif melalui kuesioner menunjukkan keberhasilan pelatihan ini.

#UMBpedulinegeri