Dosen DKV Universitas Mercu Buana Gelar Workshop Inovasi Desain di SMK PGRI 1 Jakarta

0
110
views

Jakarta – Desain komunikasi visual menjadi salah satu fokus utama dalam memahami bagaimana media dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dengan efektif. Dari poster hingga iklan televisi, bidang ini melintasi banyak aspek kehidupan sehari-hari. Maka tak heran jika pentingnya desain komunikasi visual telah disadari oleh banyak pihak, termasuk SMK PGRI 1 Jakarta, yang menyediakan pendidikan di bidang tersebut.

Menyadari perlunya peningkatan kemampuan dalam bidang desain, dosen-dosen dari program studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain dan Seni Kreatif  Universitas Mercu Buana memilih untuk berkontribusi dalam Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih luas dan mendalam kepada siswa-siswi SMK PGRI 1 Jakarta melalui tema “Innovative Design Workshop”.

Workshop yang diadakan pada Selasa (14/11) ini menampilkan lima pemateri ahli dari Universitas Mercu Buana, Kampus Warung Buncit dan Menteng, antara lain;  Dwi Ramayanti,S.Sn., M.Sn., membahas tentang Perancangan Logo dengan Teori GESTALT, sementara Rinkapati Swatriani, S.Ds., M. Ikom membimbing peserta dalam Perancangan Video Sebagai Media Presentasi. Ada pula Octavianus Bramantha, S.Sn.,M.Ds. yang membahas tentang Fotografi Produk dengan Menggunakan Smartphone, Wilsa Pratiwi, S.Sn, M.Sn yang memperkenalkan teknik Pembuatan Komik Strip Bertema Kegiatan Sekolah, dan Denta Mandra Pradipta Budiastomo, S.Ds., M.Si yang menghadirkan workshop tentang Desain Presentasi Menggunakan Teknologi AI.

Menurut Dwi Ramayanti, S.Sn., M.Sn., Sekretaris Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Mercu Buana, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan solusi atas kebutuhan, tantangan, atau persoalan yang dihadapi masyarakat melalui pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh para peserta. “Tidak hanya itu, workshop ini juga merupakan bagian dari kewajiban dosen dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi,” kata Dwi.

Abdul Rozak, ST, Ketua Jurusan Komunikasi Visual di SMK PGRI 1 Jakarta, menyampaikan apresiasi atas kesuksesan acara tersebut. “Acara ini mengundang antusiasme besar dari para peserta didik jurusan Desain Komunikasi Visual. Dalam workshop ini, pihak panitia pelaksana yaitu Universitas Mercubuana menyediakan materi dan narasumber yang berkualitas yang mencakup beragam aspek desain visual yang relevan dengan perkembangan teknologi masa kini,” ujarnya.

Dwi menambahkan materi yang disampaikan dianggap sangat relevan dengan kondisi dan situasi saat ini. Para peserta tidak hanya melihat hasil karya yang sudah selesai, tetapi juga memahami proses kreatif dari sebuah desain.

“Diharapkan setelah kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (#UMBpedulinegeri) ini selesai, peserta dapat menerapkan ilmu yang diperoleh untuk menciptakan karya-karya yang lebih inovatif dan bermakna dalam bidang desain komunikasi visual,” kata Dwi.